Pengenalan flash mx

Mengenal Macromedia Flash MX


Sebuah program aplikasi professional untuk menggambar grafis dan animasi. Animasi yang dibuat menggunakan Flash MX dapat berupa animasi vector atau gambar bitmap. Animasi biasanya digunakan membuat halaman web yang interaktif.

Bagian-bagian dari tampilan halaman Flash MX:
animasi, desain grafis
Tampilan flash MX
  1. Menu bar  berisi menu-menu utama Macromedia Flash MX, seperti: File, Edit, View.
  2. Stage  area untuk membuat animasi.
  3. Timeline Panel  sebuah panel yang digunakan untuk mengatur isi sebuah movie.
  4. Color mixer panel  sebuah panel untuk membuat atau mengubah warna serta gradasi warna.
  5. Toolbox  tempat tool-tool yang sering digunakan untuk membuat dan memodifikasi objek, membuat teks, mengolah warna dan mengatur stage.
  6. Action panel  untuk mengubah dan membuat aksi pada movie menggunakan bahasa pemograman action script.
  7. Property inspector  untuk mengubah atribut-atribut objek.


Sebelum membuat animasi ada kalanya kalian harus mengenal dahulu komponen komponen apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan sebuah animasi. Anda harus mengenal semua komponen yang terdapat di aplikasi Flash MX ini agar pekerjaan dalam pembuatan animasi ini dapat berjalan dengan lancar . dibawah ini merupakan window dari Flash MX yang digunakan dalam pekerjaan pembuatan animasi. Baik itu berupa grafik atau animasi bergerak(cartoon).
Tampilan layar Macromedia Flash MX professional 2004
Dibawah ini merupakan keterangan dari kegunaan masing-masing komponen Flash MX secara detail:
a.         Timeline
Digunakan untuk mengatur dan mengontrol isi keseluruhan movie anda .
b.         Stage
Merupakan tempat dimana anda bekerja dalam membuat sebuah animasi.
c.          Tool box
Berisi alat-alat yang digunakan untuk menggambar objek pada stage.
d.         Color window
Merupakan window yang digunakan untuk mengatur warna pada objek yang anda buat.
e.          Actions
Frame merupakan window yang digunakan untuk menuliskan ACTION SCRIPT untuk Flash MX. Biasanya action script digunakan untuk mengendalikan objek yang anda buat sesuai dengan keinginan anda.
f.          Properties
Merupakan window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang anda buat.
g.         Componens
Digunakan untuk menambah objek untuk web aplication yang nantinya di publish ke internet.
Toolbox-toolbox pada Macromedia Flash MX Professional 2004
Setelah menjelaskan tentang pengenalan dasar-dasar Macromedia Flash Mx Professional 2004, dan sekarang saya mau menjelaskan tentang Toolbox yang ada di Macromedia Flash MX Professional 2004 yang berguna untuk menggambar objek pada stage. Berikut ini jenis-jenisnya :
a.         Selection Tool (V)
Tool ini digunakan untuk memilih suatu objek atau untuk memindahkannya.
b.         Subselection Tool (A)
Tool ini digunakan untuk merubah suatu objek dengan edit points.
c.          Line Tool (N)
Tool ini digunakan untuk membuat suatu garis di stage.
d.         Lasso Tool (L)
Tool ini digunakan untuk memilih daerah di suatu objek yang akan di edit.
e.          Pen Tool (P)
Tool yang digunakan untuk menggambar dan merubah bentuk suatu objek dengan menggunakan edit point (lebih teliti dan akurat).
f.          Text Tool (T)
Tool ini digunakan untuk menulis kalimat atau kata-kata.
g.         Oval Tool (O)
Tool yang digunakan untuk membuat lingkaran.
h.         Rectangle Tool (R)
Tool yang digunakan untuk menggambar sebuah segiempat/persegi. Di dalam Rectangle Tool terdapat juga Polistar Tool yang berguna untuk membuat bentuk segi tiga,segi lima dll.
i.           Pencil Tool (Y)
Tool ini digunakan untuk menggambar sebuah objek sesuai dengan yang anda sukai. Tetapi setiap bentuk yang anda buat akan di format oleh Flash MX menjadi bentuk sempurna.
j.           Brush Tool (B)
Tool ini sering digunakan untuk memberi warna pada objek bebas.
k.         Free Transform Tool (Q)
Tool ini digunakan unruk memutar (rotate) objek yang anda buat atau mengubah bentuk objek menjadi bentuk lain.
l.           Fill Transform Tool (F)
Tool ini digunakan untuk memutar suatu objek yang di import dari luar lingkungan Flash MX, serta untuk mengatur efek warna.
m.       Ink Bottle Tool (S)
Tool ini digunakan untuk mengisi warna pada objek yang bordernya telah hilang (tidak ada).
n.         Paint Bucket Tool (K)
Tool ini untuk memberikan warna pada efek yang dipilih.
o.         Eraser Tool (E)
Tool ini digunakan untuk menghapus objek yang ingin anda hapus.
p.         Eyedropper Tool (I)
Tool ini digunakan untuk mendeteksi warna pada sebuah objek.
q.         Hand Tool (H)
Tool ini digunakan untuk memindahkan kertas(lembar kerja) ke bagian yang tersedia.
r.          Zoom Tool (M, Z)
Tool ini ada dua bagian ENLARGE(zoom menambah) dan REDUCE (zoom mengurangi).

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes